Monday, May 28, 2012

Cara Kerja Switching pada PSTN dan GSM

Dari Circuit-switch ke Packet-Switch
Pada bagian ini, kita akan melihat bagaimana jaringan seluler telah berkembang dari jaringan circuit switch ke jaringan packet-switch dan bagaimana IMS menjadi langkat selanjutnya dari evolusi ini. Kita akan memulai dengan sebuah pengenalan secara jelas tentang sejarah domain 3G  pada circuit-switch  dan packet-switch.
Third Generation Parnership Project(3GPP) bersepakan untuk mengembangkan spesifikasi untuk evolusi GSM. Untuk Evolusi tersebut, 3GPP menggunakan spesifikasi GSM sebagai sebuah dasar rancangan untuk sebuah sistem mobile generasi ketiga. GSM mempunyai dua mode operasi yang berbeda yaitu circuit-switch dan packet-switch. Domain 3G pada circuit-switch dan packet-switch berbasis pada mode operasi GSM ini.
Circuit-switch GSM
Circuit-switch GSM menggunakan teknologi circuit-switch yang digunakan pada Public Switch Telephony Network(PSTN). Jaringan Circuit-switch mempunyai dua plane yang berbeda yaitu plane signaling dan plane media.
MSC

Plane signaling berisi protocol yang digunakan untuk membangun sebuah jalur circuit-switch antar kedua ujung terminal. Sebagai tambahan, pemanggilan layanan juga terjadi pada plane signaling. Plane media berisi data yang dikirimkan pada jalur circuit-switch antar kedua ujung terminal. Suara yang sudah ter-encode ditukarkan antara kedua pengguna juga termasuk pada plane signaling. Plane media dan signaling menggunakan jalur yang sama pada masa-masa awal jaringan circuit-switch. Namun, pada pengembangannya PSTN akhirnya mulai untuk membedakan jalur Plane media dan signaling. Pembedaan ini dipacu oleh munculnya layanan yang berbasis IN(Intelligent Network). Call ke nomor bebas pulsa adalah sebuah contoh dari layanan IN. Layanan IN versi GSM dikenal dengan layanan CAMEL(Customized Applications for Mobile networks using Enhanced Logic).

Baik dalam IN dan CAMEL, plane signaling mengikuti plane media sampai ada titik dimana call sementara waktu ditunda. Pada titik tersebut, plane signaling melakukan query database (misalkan sebuah query untuk nomor routing dari sebuah nomor 0800) dan menerima sebuah respon. Ketika plane signaling menerima respon dari query, call setup akan dilanjutkan dan kedua plane signaling dan media mengikuti jalur yang sama sampai keduanya mencapai tujuan.
3GPP telah satu langkah lebih jauh dalam pemisahan plane signaling dan media dengan pengenalan arsitektur terpisah untuk MSC(Mobile Switching Center). MSC dibagi menjadi sebuah sebuah server MSC dan sebuah media gateway. Server MSC menangani plane signaling dan media gateway menangani plane media. Arsitektur terpisah telah dikenalkan dalam spesifikasi 3GPP Release 4. Kita akan melihat bahwa IMS juga menyimpan jalur signaling dan media terpisah, namun juga bahkan lebih jauh dalam pemisahan ini. Satu-satunya node yang harus menangani kedua palne media dan signaling adalah terminal dari IMS sehingga tidak ada node jaringan yang harus menangani keduanya.
Packet-switch GSM
Jaringan paket switch GSM, juga dikenal sebagai GPRS(General Packet Radio Service, yang dibahas pada 3GPP TS 23.060) merupakan dasar dari domain packet-switch 3GPP Release 4. Domain ini memungkinkan user untuk tersambung ke Internet menggunakan teknologi packet-switch murni. Pada awalnya terdapat tiga aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan penggunakan domain packet-switch:
1.    Wireless Application Protocol(WAP)
2.    Akses ke jaringan korporasi
3.    Akses ke Internet publik 
Namun, tidak satupun aplikasi ini yang cukup menarik pelanggan sebagai alasan untuk biaya yang besar untuk menjalankan jaringan mobile packet-switch.

No comments:

Post a Comment

Labels

AdMob Adobe Adsense Aero Buster Air Buster Airpush Al-Ghozali Amazon Appstore Amerika Android Android App Animasi apa itu App Application Arsitektur Asimetris asus AutoArtikel Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Blogger Blogspot Browser Bus Cara akses Cara kerja cat CERN Chiper Chrome command Contoh CORBA cPanel CS3 diff Diffie-Hellman Distance Vector domain download e-book e-book Jaringan Komputer e-book Ketidaklogisan para Filsuf e-book Sistem Operasi ebook Einstein Engineering Design Process Enkripsi file Filosofi Firefox fisika Flow Control frame Game genap 2011-2012 Gerbang Quantum getaran gif Google google nexus 7 Google Play Gratis GRE grep GSM Handoff Handover head Hosting HTML5 Hypnolearning IDL IM3 IMS Interface Definition Language Internet internet dan bisnis telekomunikasi Internet Explorer iPad 3 jadwal Jaringan Jaringan Komputer Java JDBC JSP Judul Justin Bieber Kamera Kapsel Kecepatan Cahaya Ketidaklogisan Para Filsuf kisi-kisi Komputer Kriptografi LAN Linux Manajemen Manajemen Memori mediafire Memori Mesh Model View Controller MoonViewer Motivation Multicast Routing MVC MySql Near Field Communication Network Programming Neutrino New Technology File System Nilai NTFS OPERA Organisasi dan arsitektur komputer osilasi page Partai Peduli Rakyat PC pegas Pemasaran pembuat artikel Pemrograman Bahasa Tingkat Rendah Pemrograman Jaringan Pemrograman Web Penjadwalan Penyandian Perang Sipil perintah Pertukaran Kunci Photoshop PHP Physics PKS Power Point Process Producer Consumer Programming Protokol Proyek Akhir PSTN Quantum Information Quiz Quotes RAM review Ring RMI Safari Scheduling Security Sega Genesis Sejarah Servlet Shooter Simetris Singkronisasi Sistem File Sistem Koordinat Sistem Operasi slide SlideMe Socket Solaris sort source code SPIN spinner Star Studium Generale Superkonduktor Switch tablet Tahafut Al-Falasif tail TCP Terjemah test GRE Tolak Kenaikan Harga BBM Topologi Tugas Akhir tween Twitter UAS Ubuntu Ulasan Ulasan Nokia 808 PureView UNIBBA uniq UNIX UNIX SVR4 UTS Verbal Virtual Router Redundancy Protocol Vocab Vocabulary VRRP Web Services WiMAX Windows wired.com Wireless Sensor Network Words WSN