Thursday, July 20, 2017

Pengalaman Membuat Akun Google Adsense dengan Blogspot atau Blogger

Maaf apabila, postingan artikel ini bertele-tele, anda bisa langsung lompat ke bagian utama pembuatan aplikasi.
Baju Anak Newborn

Salah satu impian saya adalah bisa bekerja dengan fleksibel yang artinya bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga dengan tetap bisa mendapatkan penghasilan. Ketika tahun 2008-2009, saya masih mahasiswa sering membuat tulisan yang saya kirim ke blog multiply saya, dan email gmail saya mendapatkan pesan bahwa ada kesempatan untuk mendapatkan uang dari iklan yang dipasang pada blog dengan menggunakan Google Adsense, maka saya segera mendaftarkan multiply saya tersebut, dengan banyak kerumitan seperti harus mengisi form pdf pajak dan mengisi social security number (sejenis nomer penduduk amerika serikat) dan lain-lain. Dalam beberapa hari, saya mendapatkan balasan bahwa aplikasi saya ditolak karena situs tersebut bukan kepunyaan saya. Saya berpikir, tentu saja untuk membuat website kepunyaan sendiri, membutuhkan modal yang lumayan.


Sampai lulus kuliah dan menikah, saya masih penasaran, saya cari di google dan baca berbagai situs trik bagaimana mendapatkan akun google adsense. Tahun 2011, banyak kiriman yang menyatakan bahwa blogspot bisa digunakan untuk membuat aplikasi adsense, saya pun mencoba, setelah beberapa tulisan, saya buat aplikasi, dan masih ditolak. Setelah itu, ada trik lain dengan menggunakan docstoc yang sekarang sudah ditutup, setelah beberapa kali mencoba dengan membuat akun gmail lain, trik ini pun gagal.

Setelah saya mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar, di sela-sela pekerjaan saya pun masih penasaran, dengan mengambil sebagian penghasilan untuk membuat website dengan hostingan dan domain sendiri. Setelah banyak postingan dan kiriman, saya buat aplikasi baru dengan website ini, dan masih gagal.

Tahun 2014, saya melanjutkan kuliah ke luar negeri. Saya tinggal di kota Khobar, bersama istri dan anak. Karena tidak ada hiburan luar rumah yang menarik berupa pemandangan alam yang bisa dinikmati sepanjang waktu, karena di musim panas suhu bisa mencapai 50 derajat celcius, dan musim dingin bisa membuat anda membeku, kami menghabiskan waktu sepulang kerja dengan mengunjungi Mall dan pusat perbelanjaan. Untungnya, setiap kali ada diskon, diskonnya besar-besaran sampai 80% dan harganya tidak ada manipulasi, karena diawasi langsung oleh pemerintah. Yang diskon pun adalah barang-barang ber-merk, sehingga akhir 2015, saya berinisiatif untuk menuliskan diskon dan pengalaman seputar kota Khobar dalam sebuah blogspot berbahasa Inggris dengan menggunakan akun gmail istri saya. Saya juga membuat halaman facebook dan akun twitter untuk menyebarkan kiriman saya. Saya mengambil foto sendiri dengan dengan kamera HP dan artikel saya tulis dengan grammar yang bagus. Setelah hampir 30 postingan, awal tahun 2016, saya buat aplikasi. Hampir tidak ada perubahan dari sisi layout. Setelah hampir 1 minggu, saya mendapatkan balasan aplikasi saya ditolak dengan alasan navigasi. Situs pun saya perbaiki dengan menambahkan link ke kategori tertentu dan menambahkan privacy policy, about us, dan disclaimer. Satu hal yang berbeda adalah, ternyata dalam balasan tersebut terdapat kalimat peninjauan kedua, yang artinya, saya sudah lolos peninjauan pertama.

Setelah 40 postingan, saya kirim lagi aplikasi, dengan blogspot yang sama dan mendapatkan penolakan dengan alasan yang sama. Tengah tahun 2016, karena musim diskon, jadi saya banyak membuat kiriman, dan pengunjung mencapai 400 pengunjung per hari. Saya buat aplikasi, dan dalam 1 pekan saya mendapatkan balasan bahwa akun adsense saya sudah diaktifkan sepenuhnya. Saya gembira, namun dalam waktu kurang lebih 24 jam, saya mendapatkan pesan baru bahwa akun saya ditolak. Saya pun menambahkan beberapa postingan yang berisi video youtube kepunyaan saya sendiri, dan mendapatkan penolakan dengan alasan terlalu banyak video atau konten flash.

Karena sudah hampir 6 kali mendapatkan penolakan, saya pun beralih ke penyedia iklan lain seperti chitika dan adnow, Saya tetap memposting kiriman-kiriman baru karena sayang dengan jumlah pengunjungan yang masih diantara 100-200 perhari.

Setelah postingan saya berjumlah 58 dan umur blog hampir 2 tahun, saya mencoba sekali lagi mengapply adsense tanpa menghilangkan iklan dari adnow yang masih saya simpan. Setelah 2 pekan, alhamdulillah, ada email masuk yang mengatakan bahwa Situs saya sudah terhubung ke Adsense. Ini adalah penerimaan yang saya tunggu-tunggu karena judulnya berbeda dengan penerimaan pertama. Agak was-was, saya hanya memasang iklan di blogspot tersebut karena khawatir kena ban. Setelah 1 pekan dan tidak ada perubahan status, saya mulai menambahkan akun adsense ke blog saya yang lain termasuk blog ini.

Setelah bertahun-tahun mencoba, ternyata menurut saya, blogspot dengan kiriman bahasa inggris lebih mudah dari pada bahasa indonesia. Kelebihan blogspot yaitu kita tidak perlu repot dengan SEO karena memang sudah ditangani google, kita hanya perlu fokus dengan konten atau artikel yang kita buat, dalam hal keunikan dan kualitas bahasa. Yang tidak kalah penting adalah, blogspot gratis tanpa biaya apapun. Kalau sudah punya adsense, baru kita beli domain .com atau .id biar terlihat profesional. Sekian pengalaman saya dengan Adsense.

1 comment:

Labels

AdMob Adobe Adsense Aero Buster Air Buster Airpush Al-Ghozali Amazon Appstore Amerika Android Android App Animasi apa itu App Application Arsitektur Asimetris asus AutoArtikel Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Blogger Blogspot Browser Bus Cara akses Cara kerja cat CERN Chiper Chrome command Contoh CORBA cPanel CS3 diff Diffie-Hellman Distance Vector domain download e-book e-book Jaringan Komputer e-book Ketidaklogisan para Filsuf e-book Sistem Operasi ebook Einstein Engineering Design Process Enkripsi file Filosofi Firefox fisika Flow Control frame Game genap 2011-2012 Gerbang Quantum getaran gif Google google nexus 7 Google Play Gratis GRE grep GSM Handoff Handover head Hosting HTML5 Hypnolearning IDL IM3 IMS Interface Definition Language Internet internet dan bisnis telekomunikasi Internet Explorer iPad 3 jadwal Jaringan Jaringan Komputer Java JDBC JSP Judul Justin Bieber Kamera Kapsel Kecepatan Cahaya Ketidaklogisan Para Filsuf kisi-kisi Komputer Kriptografi LAN Linux Manajemen Manajemen Memori mediafire Memori Mesh Model View Controller MoonViewer Motivation Multicast Routing MVC MySql Near Field Communication Network Programming Neutrino New Technology File System Nilai NTFS OPERA Organisasi dan arsitektur komputer osilasi page Partai Peduli Rakyat PC pegas Pemasaran pembuat artikel Pemrograman Bahasa Tingkat Rendah Pemrograman Jaringan Pemrograman Web Penjadwalan Penyandian Perang Sipil perintah Pertukaran Kunci Photoshop PHP Physics PKS Power Point Process Producer Consumer Programming Protokol Proyek Akhir PSTN Quantum Information Quiz Quotes RAM review Ring RMI Safari Scheduling Security Sega Genesis Sejarah Servlet Shooter Simetris Singkronisasi Sistem File Sistem Koordinat Sistem Operasi slide SlideMe Socket Solaris sort source code SPIN spinner Star Studium Generale Superkonduktor Switch tablet Tahafut Al-Falasif tail TCP Terjemah test GRE Tolak Kenaikan Harga BBM Topologi Tugas Akhir tween Twitter UAS Ubuntu Ulasan Ulasan Nokia 808 PureView UNIBBA uniq UNIX UNIX SVR4 UTS Verbal Virtual Router Redundancy Protocol Vocab Vocabulary VRRP Web Services WiMAX Windows wired.com Wireless Sensor Network Words WSN