Saturday, June 30, 2012

Cara Kerja Penjadwalan Process pada UNIX Tradisional

Pada bagian ini kita akan memeriksa penjadwalan UNIX tradisional, yag mana digunakan baik dalam SVR3 dan 4.3 BSD UNIX. sistem ini sasaran utamanya pada pembagian lingkungan interaktif untuk time-sharing. Algoritma penjadwalan dirancang untuk menyediakan response time yang baikuntuk pengguna interaktif  dengan menjamin bahwa tugas di background dengan prioritas rendah tidak terabaikan. Walaupun algoritma ini telah diganti di sistem UNIX modern, sangat berharga untuk memeriksa pendekatan ini karena algoritma ini mewakili algoritma penjadwalan time-sharing yang praktis.  Skema penjadwalan untuk SVR4 memasukkan sebuah akomodasi untuk persyaratan real-time, sehingga pembahasan lebih lanjut tidak pada bagian ini. Pengatur jadwal pada UNIX tradisional menggunakan umpan balik banyak level yang menggunakan round robin dalam tiap prioritas antrian. Sistem menggunakan pendahuluan 1 detik(1-second preemption). Yaitu, jika sebuah process yang berjalan tidak memblok atau menyelesaikan dalam 1 detik, maka process tersebut disela. Prioritas berdasarkan pada jenis proses dan histori eksekusi. Formula berikut berlaku:

dimana
CPUj(i)     = ukuran utilisasi prosesor oleh process j melalui interval i
Pj(i)     = prioritas dari process j pada awal dari interval i; lebih rendah dari nilai sama dengan  prioritas yang lebih tinggi
Basej        = prioritas dasar dari process j
nicej         = faktor penyesuaian yang bisa dikendalikan oleh pengguna

prioritas dari tiap process dihitung ulang sekali tiap detik, pada waktu mana sebuah keputusan penjadwalan baru dibuat. Tujuan dari prioritas dasar adalah untuk membagi semua process menjadi daerah(band) yang tetap dari tingkat prioritas. Komponen CPU dan nice dibatasi untuk mencegah sebuah process dari berpindah keluar dari band yang diberikan (diberikan oleh tingkat prioritas dasar). Band-band ini digunakan untuk mengoptimalkan akses pada device blok(contoh disk) dan memungkinkan siste operasi untuk merespon secara cepat pada system call. Dalam urutan ke bawah dari prioritas, band tersebut antara lain :
•    Swapper
•    Kendali Device I/O Blok
•    Manipulasi File
•    Kendali device I/O karakter
•    Process-process dari pengguna
Hirarki ini seharusnya menyediakan penggunaan I/O device paling efektif. Di dalam band process pengguna, penggunaan histori eksekusi cenderung untuk membatasi process yang terikat pada processor pada pengeluaran process yang terikat I/O. sekali lagi, hal ini seharusnya meningkatkan efisiensi. Berpasangan dengan skema preemption round-robin, strategi penjadwalan dipasangi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan untuk pembagian waktu untuk tujuan umum.

No comments:

Post a Comment